Apa itu company
profile?
Company
profile/ Profil Perusahaan merupakan sebuah deskripsi ringkas dan informatif
mengenai detail suatu perusahaan yang tertuang dalam sebuah media baik itu
cetak maupun digital.
Profil perusahaan ini
dapat dijadikan sebagai alat yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis. Biasanya digunakan
pada saat akan mengajukan penawaran kepada investor, kerjasama dengan mitra,
maupun calon klien.
Mengingat perannya yang
amat penting, maka bisa dikatakan bahwa company profile memang wajib dimiliki
oleh setiap perusahaan yang sedang beroperasi.
Bentuk-bentuk
penyajian profil perusahaan
Sebelum
menuju ke cara membuat profil perusahaan. Terdapat hal yang harus anda ketahui
lagi, yakni bahwa company profile ini dapat disajikan ke dalam beberapa macam
media. Diantara adalah sebagai berikut:
Company
profile cetak
Company
profile cetak merupakan media yang paling umum digunakan sejak dulu dan diklaim
paling mudah dalam pembuatannya. Biasanya berupa sebuah buku yang terdiri dari
berlembar-lembar halaman.
Untuk
menampilkan konten informatifnya, profil perusahaan jenis ini berfokus pada
tulisan, gambar serta warna yang didesain secara terstruktur, menarik dan
eksklusif.
Video
Company profile
Bentuk
penyajian profil perusahaan selanjutnya adalah berupa video. Melalui sebuah
video, tidak hanya tulisan dan gambar saja yang bisa ditampilkan. Melainkan
juga dapat menyampaikan pesan suara secara bersamaan.
Dengan
begitu apabila dipersiapkan dengan sebaik mungkin, maka jenis profil perusahaan
ini lebih efektif dan dapat memberikan kesan yang luar biasa dari audiens
terhadap perusahaan anda.
Namun
sebaliknya, apabila video dihadirkan secara tidak matang, kurang menarik, bertele-tele,
hingga durasi yang cukup panjang maka bisa berakibat fatal. Alih-alih
mendapatkan perhatian, mungkin justru membuat para audiens bosan dan enggan
menyimak informasi yang diberikan.
Website
Company profile
Penyajian
company profile yang terakhir ini dihadirkan dalam bentuk website. Website
company profile saat ini lebih banyak digunakan karena sifatnya yang multimedia
serta dapat diakses oleh siapapun, kapan dan dimanapun dengan internet. Mulai
dari kombinasi teks, foto, gambar bergerak, grafik, video, hingga
dokumen-dokumen dapat disajikan sekaligus.
Selain
dapat dijadikan sebagai media representasi perusahaan anda, penggunaan website
yang dioptimasi terbukti juga dapat menjadi ujung tombak pemasaran yang sangat
efektif.
Cara membuat
company profile/ profil perusahaan yang baik dan profesional
Company
Profile yang baik adalah alat yang efektif untuk menjelaskan rincian informasi
penting tentang perusahaan. Sehingga pembaca/ penonton mudah mempelajari
perusahaan anda secara umum mengenai kinerja dan prestasi perusahaan anda.
Tidak
ada standar yang baku dalam pembuatan profil perusahaan ini, tergantung pada
kebutuhan dan tujuan perusahaan masing-masing.
Akan
tetapi, agar profil perusahaan yang anda buat nantinya bisa mewakili dan
memperkenalkan identitas perusahaan dengan baik. Maka langsung saja simak tips
dan cara membuat company profile profesional dari kami berikut ini
Perhatikan
data apa saja yang harus dicantumkan
Memaparkan
profil perusahaan akan lebih baik jika dilakukan secara proporsional. Namun,
kenyataan saat ini masih banyak perusahaan yang mencantumkan informasi yang
sangat terbatas. Bahkan ada pula yang justru membuat semua hal yang terkait
mengenai perusahaan dari hal “A sampai Z” dicantumkan sekaligus. Lalu, apa saja
sebenarnya poin-poin penting yang harus dimasukkan dalam sebuah profil
perusahaan yang baik?
Sajikan
daftar isi
Adanya
daftar isi ini bisa dibilang opsional namun sangat dianjurkan. Terlebih apabila
profil perusahaan anda terdiri dari berlembar-lembar halaman.
Tujuannya
adalah untuk menampilkan kerangka isi atau informasi apa saja yang bisa
diketahui dari profil perusahaan tersebut. Selain itu, juga dapat memudahkan
pembaca/ pemirsa dalam menemukan halaman-halaman berdasarkan judul maupun sub
judul tertentu tanpa harus membuka halaman satu persatu.
Deskripsi
perusahaan, sejarah & struktur organisasi
Pada
bagian ini berisi informasi mengenai di bidang apa perusahaan anda bergerak,
latar belakang berdirinya perusahaan mencakup kapan, siapa pendiri dan jajaran
direksi yang terlibat di dalamnya. Serta bagaimana berkembangnya perusahaan
dari waktu ke waktu.
Dengan
adanya poin-poin tersebut, pembaca/ pemirsa secara tidak langsung akan bisa
diajak merasakan proses panjang perjalanan bisnis anda hingga mendapat
kepercayaan hingga kini.
Visi
dan misi perusahaan
Tunjukkan
komitmen, strategi, serta arah tujuan perusahaan anda dalam melakukan yang
terbaik bagi calon mitra bisnis ke dalam bentuk visi misi perusahaan.
Menyampaikan visi ini akan memberikan gambaran tentang cita-cita besar yang
ingin dicapai oleh perusahaan. Sedangkan penyampaian misi akan memberikan
gambaran tentang berbagai upaya yang telah serta akan terus dilakukan oleh
perusahaan demi menggapai cita-cita tersebut.
Tampilkan
lini produk perusahaan
Pada
bagian ini, tampilkan barang maupun jasa yang menjadi lini perusahaan anda.
Deskripsikan tentang nama, kegunaan/ fungsi, keunggulan, spesifikasi dan
berbagai hal lain tentang produk secara jelas. Sertakan pula gambar-gambar
produk sehingga lebih mudah dipahami.
Pajang
Pencapaian perusahaan, hasil karya/ portofolio, sertifikat
Agar
calon mitra semakin tertarik dan mempercayai keberadaan bisnis anda, sajikan
bukti kesuksesan kinerja perusahaan yang telah tercapai. Bisa berupa
dokumentasi produk dari proyek-proyek klien sebelumnya beserta daftar klien
yang pernah dilayani, sertifikat-sertifikat penghargaan dan lain sebagainya.
Semakin
banyak pencapaian bisnis tentu akan semakin bagus. Namun perlu digaris bawahi,
tidak semua pencapaian tersebut bisa dimuat. Anda perlu memilah dan memilih
mana yang harus dicantumkan dan mana yang tidak begitu penting agar
penyajiannya lebih efektif dan terukur.
Tampilkan
dokumentasi aktivitas perusahaan
Satu
poin lagi yang tak kalah penting yang harus dicantumkan di profil perusahaan
adalah dokumentasi aktivitas perusahaan. Seperti misalnya tunjukkan fasilitas/
perlengkapan produksi yang ada, bisa juga potret tim-tim yang sedang bekerja.
Pakai
data yang akurat dan terupdate
Seiring
berjalannya waktu, sebuah perusahaan tentu akan mengalami perubahan-perubahan.
Bisa saja perubahan mendasar pada kegiatan operasional, struktur organisasi,
dalam hal keuangan dan lain sebagainya. Untuk itu, hal yang tak boleh anda
lewatkan adalah selalu pastikan data yang akan disajikan sesuai dengan
perkembangan dan kondisi terkini perusahaan anda.
Buat
desain sekreatif dan eksklusif mungkin
Selain
harus memuat informasi-informasi penting seperti pada poin-poin yang telah
dijelaskan diatas. Profil perusahaan harus memiliki desain yang menarik, elegan
dan terlihat profesional. Karena pada dasarnya profil perusahaan dengan visual
yang baik terbukti bisa menciptakan suasana (mood) dan rasa ketertarikan yang
lebih tinggi daripada profil perusahaan yang biasa-biasa saja. Maka dari itu
anda perlu perhatikan pula beberapa hal berikut agar profil perusahaan anda
memiliki nilai tambah tersendiri
Perhatikan
pemilihan jenis font dan warna
Sebaiknya
gunakan jenis huruf/ font Sans Serif Family karena jenis huruf ini tidak
memiliki sirip/ garis-garis kecil pada ujung hurufnya.
Ketebalan
huruf juga sama atau hampir sama sehingga terlihat solid dan tegas. Kesan teks
yang ditimbulkan adalah kontemporer sekaligus modern.
Rekomendasi
jenis font Sans terbaik yang bisa anda gunakan antara lain Roboto, Raleway,
Kayak Sans, Century gothic, dsb. Pemilihan warna font dengan background pun
perlu diperhatikan agar tulisan mudah dibaca dan enak dipandang.
Buat
pemformatan (layout) yang ramah bagi pembaca
Secara
umum daripada membaca paragraf yang terlalu panjang, pembaca akan lebih nyaman
dan mudah paham jika tulisan dibuat dengan memakai list, grafik, atau tabel.
Apabila terpaksa menggunakan bentuk paragraf, maka pastikan paragraf tersebut
merupakan paragraf pendek.
Selain
itu, susun gambar-gambar inti maupun pendukung secara terstruktur. Dan pastikan
gambar tersebut tidak pecah maupun blur. Perhatikan juga komposisi konten apa
yang ingin ditonjolkan, apakah gambar ataupun tulisannya.
Tambahkan
gambar/ ilustrasi sebagai pelengkap materi
Terakhir,
bila perlu sajikan juga gambar-gambar ilustrasi seperti ornamen-ornamen vektor
sebagai penghias background agar profil perusahaan anda tampak lebih hidup dan
tidak terkesan monoton.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar