Kamis, 01 Oktober 2020

SOFTSKILL TUGAS 1 : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

 

LAZADA

Lazada diluncurkan pada bulan Maret 2012 dan berkembang pesat hingga saat ini. Lazada Indonesia merupakan salah satu bagian dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di enam negara di Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, lazada Singapore dan Lazada Filipina dengan total pengguna 550 juta pengguna dari total keseluruhan enam negara tersebut.

Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce. hasil pengembangan dari perusahaan teknologi internet asal Jerman yaitu Rocket Internet.

Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka.

Dalam Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan.

Setelah itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan peluang utama untuk penjualan. E-commerce memberikan pengalaman berbelanja yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan dapat dilakukan selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online.

Kelebihan Lazada

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki Lazada dan menjadi nilai plus bagi penggunanya:

1.      Menawarkan Produk yang Beragam

Banyak produk dan variasi, itu menurut saya menjadi nilai plus di e-commerce itu sendiri karena dapat memilih yang kita inginkan.

2.      Banyak Promo dan Diskon

Banyaknya promo dan diskon yang membuat kita sebagai pengguna setianya menjadi semakin setia, dan yang belum pernah mencoba Lazada pasti akan tertarik.

3.      Pembayaran COD

Sistem seperti ini yang dicari beberapa besar orang yang tidak mau repot-repot pergi ke atm atau minimarket. Karena dengan adanya COD hanya tinggal menunggu dirumah saja.

4.      Ada Gratis Ongkir

Gratis ongkir juga menjadi salah satu kelebihan Lazada. Kadang seseorang menjadi malas untuk belanja online karna ongkos kirimnya mahal dan tidak sesuai dengan barangnya. Dengan adanya progam gratis ongkir, maka hal ini menjadi nilai plus di mata pengguna.

Kekurangan Lazada

Dan berikut ini adalah beberapa kekurangan Lazada yang menjadi pertimbangan para pengguna untuk melakukan transaksi:

1.      COD Masih Terbatas

Lazada memiliki kelebihan dengan adanya opsi pembayaran COD, namun masih memiliki kekurangan karna tidak semua tempat mendukung pembayaran COD. Hanya beberapa kota besar saja yang bisa melakukan sistem pembayaran di tempat.

2.      Penipuan di Lazada

Penipuan biasanya pada barang elektronik yang dijual dengan harga jauh lebih murah dibanding harga pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar